Layanan Lanjutan Pengobatan Methadone Bagi WBP Pengguna Napza

{tab Persyaratan}

    1. Surat rekomendasi tindak lanjut terapi methadone dari Tim Methadone di Lapas;
    2. Inform Consent kesediaan untuk menjalani terapi Methadone;
    3. Surat penetapan dari Kepala Lapas.

{tab Prosedur}

    1. Kepala Lapas membentuk Tim Methadone;
    2. Tim Methadone di Lapas melaksanakan penilaian tentang kebutuhan terapi Methadone bagi WBP pengguna Napza;
    3. Tim Methadone di Lapas membuat Surat rekomendasi tindak lanjut terapi methadone kepada Kepala Lapas;
    4. Kepala Lapas membuat surat penetapan bagi WBP yang mendapatkan terapi Methadone;
    5. Tim Methadone melaksanakan pemberian dan pengawasan terhadap konsumsi Methadone;
    6. Tim Methadone mengevaluasi hasil terapi dan mengawasi adanya efek samping yang timbul;
    7. Tim Penilai melakukan pencatatan dan pelaporan;
    8. Kepala Lapas/Rutan memberikan laporan pemberian Methadone per bulan kepada Ditjen Pemasyarakatan melalui Direktorat Bina Kesehatan Dan Perawatan Narapidana dan Tahanan.

{tab Jangka Waktu Penyelesaian}

    Mengikuti prosedur yang berlaku sesuai dengan tahapan penatalaksanaan

{tab Jaminan Pelayanan}

    Etika pegawai pemasyarakatan dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 4 Ayat (1) huruf b, sebagai berikut:

    1. Mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi/golongan, meliputi :
      • Memberikan layanan yang responsif dengan menggunakan standar yang terbaik;
      • Tidak mencari keuntungan pribadi dengan menorbankan kepentingan masyarakat;
      • Memberikan pelayanan secara tepat waktu dan taat aturan; dan
      • Memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat secara benar.
    2. Terbuka terhadap setiap bentuk partisipasi, dukungan dan pengawasan masyarakat, meliputi :
      • Terbuka untuk menerima setiap saran, kritik dan masukan tanpamempunyai prasangka negatif;
      • Membangun jejaring kerjasama dengan segenap unsur masyarakat untuk kepentingan pelaksanaan tugas; dan
      • Menghargai setiap bentuk partisipasi masyarakat
    3. Tegas, adil dan sopan dalam berinteraksi dengan masyarakat, meliputi :
      • Mengambil tindakan secara cepat dan tepat untuk kepentingan masyarakat;
      • Memberi pelayanan dengan senyum dan ramah serta menghindari kesombongan;
      • Memberi perlakuan yang tidak diskriminatif; dan
      • Menolak segala hadiah dalam bentuk apapun yang dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas.

{tab Jaminan Keamanan}

    1. Inform Consent sebelum pelaksanaan pengobatan;
    2. Pelaksanaan terapi Methadone bekerjasama dengan BPOM.

{/tabs}


Cetak   E-mail