Layanan Pendampingan Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum

{tab Persyaratan}

      Surat Pemberitahuan dari aparat penegak hukum

{tab Prosedur}

    1. Pembimbing Kemasyarakatan menerima surat perintah pendampingan anak yang berkonflik dengan hukum;
    2. PK membuat litmas untuk pendampingan anak;
    3. PK melakukan pendampingan terhadap anak di setiap tahap peradilan dan melakukan upaya diversi;
    4. PK melakukan pendampingan di sidang pengadilan;
    5. PK melakukan pendampingan, pembimbingan dan pengawasan terhadap hasil kesepakatan diversi dan putusan pengadilan.

{tab Jangka Waktu Penyelesaian}

      30 hari sampai 4 bulan (sesuai proses diversi atau peradilan pidana anak sebagaimana UU No.11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak)

{tab Jaminan Pelayanan}

    1. Pendampingan tidak menimbulkan ketakutan dan tekanan kepada anak;
    2. Pendampingan memperhatikan kepentingan terbaik bagi Anak dan mengusahakan suasana kekeluargaan tetap terpelihara.

       

      Etika Pegawai Pemasyarakatan dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) huruf b, sebagai berikut:

    1. Mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi atau golongan, meliputi:
      • Memberikan pelayanan yang responsif dengan menggunakan standar yang terbaik;
      • Tidak mencari keuntngan pribadi dengan mengorbankan kepentingan masyarakat;
      • Memberikan pelayanan secara tepat waktu dan taat aturan; dan
      • Memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat secar benar.
    2. Terbuka terhadap setiap bentuk partisipasi, dukungan, dan pengawasan masyarakat, meliputi:
      • Terbuka untuk menerima setiap saran, kritik, dan masukan tanpa mempunyai prasangka negatif;
      • Membangun jejaring kerja sama dengan segenap unsur masyarakat untuk kepentingan pelaksanaan tugas; dan
      • Menghargai setiap bentuk partisipasi masyarakat.
    3. Tegas adil, dan sopan dalam berinteraksi dengan masyarakat meliputi:
      • Mengambil tindakan secara cepat dan tepat untuk kepentingan masyarakat;
      • Memberikan pelayanan dengan senyum dan ramah serta menghindarkan diri dan kesombongan;
      • Memberikan perlakuan yang tidak diskriminatif, dan Menolak segala hadiah dalam bentuk apapun yang dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas.

{tab Jaminan Keamanan}

      perlindungan hak pribadi anak yang berkonflik dengan hukum di antaranya terkait dengan kerahasiaan identitias, kondisi keluarga, kesehatan dan keamanan anak yang berkonflik dengan hukum serta program pendampingannya.

{/tabs}


Cetak   E-mail