BERSEDIA HIBAHKAN 4 HEKTAR LAHAN DI BLANGKEJEREN UNTUK PEMBANGUNAN LAPAS, BUPATI GAYO LUES KUNJUNGI KANWIL ACEH

1

BANDA ACEH – Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru, M.S.P., beserta jajaran melakukan audiensi dan kunjungan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh pada Rabu (24/02). Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Kanwil, Heni Yuwono, Bc.IP., S.Sos., M.Si dalam ruang kerja beliau, didampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Drs. Mahyadi, S.H., serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blangkejeren,, Hisam Wibowo, A.Md.IP., S.H., M.H.

2

Bupati Gayo Lues dalam audiensi ini menyampaikan pada Kepala Kanwil bahwa terdapat lahan seluas 4 (Empat) Hektar (Ha) yang berlokasi di Desa Badak, Blangkejeren, Gayo Lues, yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan Lapas dan/atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) lain yang dibutuhkan guna menunjang kinerja kemenkumham di Kabupaten Gayo Lues. Kalapas juga menjelaskan, dewasa ini jumlah penghuni pada Lapas Blangkejeren berjumlah 172 Orang, di mana kapasitas efektif hanya 62 Orang. “Betul (overkapasitas) 177%, sudah tergolong padat namun masih kondusif.” Jelasnya.

3

Heni Yuwono menyambut baik kunjungan ini dan mengapresiasi kesediaan Bupati Gayo Lues terkait hal tersebut di atas. Kendati demikian, menunjuk Undang undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasonal, serta Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-05.OT.01.01 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Heni menjelaskan bahwa hal tersebut tidak serta merta dapat diaktualisasikan dalam waktu dekat, diperlukan koordinasi dengan pusat, dan proses pertimbangan teknis lainnya.

4

5

“Apresiasi dan rasa terima kasih kami pada Bapak Bupati sekali lagi kami haturkan. Overkapasitas yang terjadi memang disayangkan, terutama di masa pandemi, namun harus kami kaji lebih jauh terkait perencanaan ini, jangan sampai terjadi malkoordinasi.” Pungkas beliau.

Red. Humas Kanwil Kemenkumham Aceh
#KumhamPasti


Cetak   E-mail